16 Okt 2009

Bagaimana Layanan Purna Jual di Internet Marketing



Bukan hanya pada perusahaan offline saja, after sales sarvice dijalankan. Di dunia online, yang dikenal dengan bisnis internet atau intenet marketing hal ini juga dirasa penting. Karena bisnis internet selama ini menganut sistem viral marketing. Sehingga hubungan baik dengan customer atau membernya harus dipererat. Dengan sistem viral marketing, saya yakin persen penjualan tertinggi adalah dari para reseller. Sebenarnya para member ini memegang peranan penting. Namun kalau bisa kita amati pelayanan purna jual pada internet marketing sangat minim sekali. Bisa dilihat haya berapa persen beginer atau para pemula yang berhasil. Paling jumlahnya dibawah 10%. Bahkan ada yang ditinggal begitu aja, yang penting jualannya laku. Ini sebenarnya akan menghancurkan dirinya sendiri.


Layanan purna jual seperti apa diintenet marketing?.. Para penjual harus tahu apa kemauan para customer. Di internet marketing produk yang banyak dijual adalah produk informasi. Misal: Formula Bisnis & Rahasia Blogging Produk Joko Susilo, Ngeblog dapat duwit & Penghasilan Fullime produk Willy Mulia, Program afiliasi produk Dhini Santi. Produk seperti ini hanya bersifat informasi, maka para customer butuh arahan atau bimbingan dari a ~ z dalam prakteknya. Peran customer service mutlak dijalankan dalam membina hubungan. Kalau perlu sampai beginer tersebut mendapatkan hasil, terus terpantau. Karena hasil (uang) itulah para beginer ini mau membeli produk tersebut.


Kegagalan demi kegagalan para beginer, yang kemudian berlanjut menuding program informasi yang dibelinya menipu, atau pembohong, sudah banyak kita jumpai di internet. Menurut saya ini karena kurangnya layanan purna jual yang diterapkan. Coba kita simak bersama, layanan seperti apa yang sudah diberikan pada internet marketing. Yang sudah kita ketahui bersama adalah blog yang memberikan tips-tips atau ulasan teoritis. Dengan menyediakan kolom komentar, untuk member mengomentari posting tersebut atau sekedar bertanya. Hal ini tidak jelek, tapi saya rasa masih kurang mengena. Sudahkah memberikan bimbingan atau arahannya untuk menjalankan produk yang dibeli. Sudahkah menanyakan pada membernya sampai dimana langkah action yang sudah dilakukan. Atau pernahkah para membernya untuk diajak diskusi membahas produknya. Sebenarnya pada layanan purna jual ini tidak hanya pembeli saja yang aktif. Seharusnya penjualpun juga harus mengambil peran aktif. Karena disini akan menguntungkan kedua belah pihak. Maka jangan terus dibiarkan para customernya, walaupun ia diam atau tidak bertanya.


Saya salut pada Dhini santi yang telah memberikan ruang di websitenya untuk forum diskusi tentang produknya atau menuangkan keluh kesah para membernya. Sehinga membernya akan bisa terpantau tingkat keberhasilannya. Yang menyusul kemudian memberikan harapan adalah formula bisnis. Telah membuat ruang forum di facebook. Mudah-mudah forum ini nantinya juga memberikan layanan purna jual yang lebih hebat. Sedangkan yang lain kapan akan menyusul....???.


Dengan layanan purna jual, member akan mempunyai keterikatan yang kuat. Perlu diingat para member adalah tulang punggung. Untuk itu hubungan baik dan langgeng harus diciptakan dan dipupuk biar subur. Tidak ada member tidak ada hasil, banyak member banyak promosi gratis dan pastinya meningkatkan penjualan. Tidak ada kata terlambat untuk berbuat lebih baik, demi keuntungan bersama.

1 komentar:

rudi on 28 Oktober, 2009 16:19 mengatakan...

info yang menarik ...makasih...

Posting Komentar

 

Blog Stats


free counter

Edy Suryanto .Com Copyright © 2009 Community is Designed by Bie