2 Sep 2009

Kapan Mulai Action Untuk Meraih Goal, Bagian Dari Stop Dreaming Start Action.



Gaung Stop Dreaming Start Action harus terus dikumandangkan. Tidak sekedar ikutan kontes SEO Joko Susilo. Ataupun hanya dibisnis online. Dikehidupan kita sehari-hari Stop Dreaming Start Action, menjadi kunci menuju pencapaian goal. Action merupakan hal mendasar yang terpenting dalam slogan tersebut. Untuk mencapai goal harus ada action. Action harus nyata. Terencana dengan jelas sesuai dengan impian yang akan diwujudkan.



Banyak gegagalan dalam mewujudkan impian. Karena action yang dilakukan tidak terencana. Action yang dilakukan hanya sekedar action. Dalam stop Dreaming start action, terkandung kata start action. Yaitu saat mulai action. Atau kapan mulai action. Berarti jadwal action harus terencana. Step demi step action dilakukan sampai terwujudnya goal yang diinginkan. Kemudian dilanjutkan untuk memaintenance goal yang sudah dicapai. Jadi action tidak berhenti, tapi terus berlanjut. Dan diikuti oleh strategi serta inovasi baru.



Ada empat hal kegagalan yang biasa terjadi dalam mencapai goal.


1. Tidak tahu goal apa yang akan dicapai.


Action yang dilakukan tidak punya tujuan. Setiap action yang dilakukan harus ada tujuan yang dicapai, sekecil apapun nilainya. Tujuan/goal bisa menjadi visi dan harus tertulis dengan jelas.


2. Tidak tahu apa yang harus dikerjakan.


Action yang dilakukan tidak terencana dan tidak pas sasaran. Step apa yang harus dikerjakan dan bagaimana cara mengerjakan dengan baik dan benar tidak diketahui. Sehingga goal tidak akan pernah dicapai.


3. Tidak ada evaluasi.


Evaluasi tentang action yang dilakukan adalah penting. Apakah yang dikerjakan sudah sesuai dan pas sasaran. Sampai dimana hasil kerja yang dilakukan. Sudah sesuai dengan jadwal yang dibuat. Sehingga kalau ada action yang melenceng bisa cepat diluruskan.


4. Tidak menjaga tanggung jawab.


Action yang dilakukan harus bisa dipertanggung jawabkan. Bertanggung jawab terhadap sekecil hasil apapun dari suatu action yang dilakukan. Sehingga harus bersungguh-sungguh dalam melakukan action untuk mencapai goal yang lebih besar.


Sebagai penutup posting ini saya sampaikan prinsip dasar untuk action dalam mencapi goal. Prinsip ini saya cuplik dari pesan bos saya seorang korea. Yang mana bisa memberikan semangat kita untuk segera mulai action. Sesuai dengan Stop Dreaming Start Action. Yang mengajak kita mulai action untuk mencapai goal.


I – BEST (Saya – Yang terbaik)


I = I’ am, berarti mulai action dari diri sendiri terlebih dahulu.


B = Basic, berarti mulai action dari hal yang mendasar.


E = Easy, berarti mulai action dari hal yang mudah.


S = Simple, berarti mulai action dari hal yang sederhana.


T = Today, berarti mulai action hari ini, bukan besuk atau lusa.


Kapan kita mulai action, hari ini. Jangan tunda. Raih kesempatan dan peluang. Stop Dreaming Start Action......!!!!

1 komentar:

Khery Sudeska on 11 September, 2009 00:31 mengatakan...

Sangat lengkap dan jelas penjabaran stop dreaming star action yang Mas Edy jelaskan. Lebih dari itu, makna yang mas uraikan sangat menggerakkan orang untuk segera action...

Posting Komentar

 

Blog Stats


free counter

Edy Suryanto .Com Copyright © 2009 Community is Designed by Bie