30 Jun 2009

STOP DREAMING START ACTION, DALAM MERAIH GIANT GOAL

Goal atau sebuah cita-cita adalah suatu tujuan akhir. Dreaming, mimpi adalah sebuah angan-angan atau ilustrasi dari kemauan. Stop Dreaming Start Action, suatu gerakan moral, dan menjadi kata kunci dalam kontes SEO Joko Susilo. Stop Dreaming Start Action adalah pemacu semangat, agar tidak terbuai dalam mimpi-mimpi belaka dalam mencapai tujuan. Bukan berarti tidak boleh bermimpi. Tapi tidak boleh hanya bermimpi, dan cepat melakukan tindakan (action). Dreaming…., mimpi itu perlu. Tanpa angan-angan, kita tidak punya tujuan yang akan dicapai. Goal yang dahsyat biasanya lahir dari sebuah mimpi. Tapi tidak semua mimpi akan terwujud menjadi goal. Bila mimpi tersebut hanya mimpi belaka, tanpa diikuti oleh sebuah perencanaan yang dituangkan dalam tulisan (plan) dan tindakan (action), Stop Dreaming Start Action.

Manusia untuk mencapai tujuan hidupnya harus punya impian. Para tokoh duniapun juga berangkat dari mimpi. Namun, mimpi itu harus menjelma menjadi goal yang maha besar, Giant Goal. Dreaming yang muncul harus berubah menjadi ide-ide yang kreatif, perencanaan yang bagus dan action yang cepat dan terprogram. Jika tidak, mimpi tersebut sulit menjadi kenyataan. Dan tinggal menjadi mimpi belaka. Stop dreaming start action, hentikan mimpi-mimpi itu, itulah yang harus dilakukan. Mimpi yang tidak dapat diaktualisasikan, dan anda terus bermimpi, dengan angan-angan melihat keberhasilan orang lain, tanpa melakukan tindakan apapun, harus cepat dihentikan. Stop Dreaming start action. Ini yang akan meracuni jiwa anda. Hanya akan membangkitkan rasa iri anda. Dan akan menjauhkan anda dari tujuan yang akan diraih. Kesuksesan perlu proses, bukan sekejap. Menurut Joko Susilo Kesuksesan adalah buah dari komitmen dan proses terus menerus untuk mencapai sebuah tujuan.

Mendaratnya orang pertama di bulan, adalah berangkat dari mimpi sang presiden AS saat itu. Oleh para stafnya di NASA, kemudian mimpi itu diaktualisasikan menjadi ide-ide, perencanaan dan action. 10 tahun kemudian lahirlah sebuah pesawat ruang angkasa apolo 11 yang membawa manusia kebulan pertama kalinya. Walaupun sang presiden sudah tidak ada, karena mimpinya tertuang dalam tulisan dan perencanaan yang matang, dreaming tersebut menjadi goal yang maha dasyat.

Mimpi-mimpi apa yang mesti distop..! dan tindakan apa yang harus dilakukan. Untuk menuju giant goal dengan dasar stop dreaming start action dengan 3 langkah dasar ;

1. Tuangkan mimpi dalam kata-kata.

Dreaming yang bisa membuat goal, adalah yang dapat dituangkan dalam tulisan. Bukan hanya sekedar mimpi-mimpi belaka. Dan yang seperti ini harus dihentikan, stop dreaming start action. Mimpi tertulis positip dan optimis, yakin pasti akan terjadi dan akan menjadi goal sepanjang hidup. Mimpi ini akan menjadi visi. “Saya menjadi internet marketing dengan penghasilan sebesar Rp. 50 juta perbulan pada tahun 2012”. Contoh sederhana. Dari sini kemudian bisa digali ide-ide yang kreatif. Menjadi reseller, mengelola produk iklan, jasa website atau produk investasi bersama.

2. Membuat perencanaan yang strategis (strategic planning).

Planning diperlukan untuk memperlancar action yang akan dilakukan. Planning disusun urut dan jelas, bagaimana mencapai giant goal tersebut. Penyusunan planning akan lebih mudah dengan bantuan buku-buku panduan. Misalnya SMUOnya Joko Susilo dari Formula bisnis. Yang menuntun bagaimana bisnis di internet. Tahun pertama, ide apa yang harus dikerjakan dan berapa hasil yang didapat. Tidak mungkin semua ide akan dikerjakan secara bersamaan. Tahap demi tahap, tahun pertahun disusun rencana dengan jelas sampai tahun 2012, target goal yang harus dicapai. Termasuk disini rencana kerja (action plan) dibuat secara detail bulan per bulan. Sehingga dalam pelaksanaannya dapat fokus.

3. Star Action, mulai melakukan tindakan berkesinambungan.

Action plan sudah disusun. Yang harus diperhatikan dalam melakukan tindakan harus konsisten sesuai rencana yang dibuat. Disini diperlukan kedisiplinan. Hambatan pasti ada. Tinggal bagaimana meminimalkan hambatan tersebut. Jangan sampai memperlambat action yang dilakukan. Apapun hambatan dan rintangannya, harus action sesuai planning yang dibuat. Berkesinambungan, yang mana action yang dilakukan terangkai tahun pertahun. Tidak terputus. Sampai goal di 2012 dapat tercapai.

Mimpi itu perlu. Yaitu mimpi yang bisa membuat goal, mimpi yang mempunyai target. Mimpi yang disertai perencanaan dan dilanjutkan dengan tindakan. Tapi mimpi yang hanya mimpi-mimpi belaka, cepat hentikan…!!!, Stop Dreaming…!!!. Dan cepat bangun dan bangun, ambil tindakan…!!!, Star Action…!!!. “Stop Dreaming Star Action”.

9 komentar:

hamung on 19 Juli, 2009 00:30 mengatakan...

wah bandung barat ,salam kenal..
gmana perkembangan forbisnya nih,saya juga member forbis....
email:
lumintir@gmail.com
blog:
klik disini

Joojo on 23 Juli, 2009 16:47 mengatakan...

thankz motinasinya mas...hehehe

Joko Susilo on 18 Agustus, 2009 10:46 mengatakan...

Menyambung komentar anda di blog jokosusilo.com,
betul pak edy. sangat erat kaitannya dengan SEO.
tidak ada ketentuan baku. namun bisa anda coba misalnya saat paragraf pertama anda masukkan tiga kata kunci. lalu di bagian tengah, anda masukkan beberapa. dan di bagian akhir tulisan anda masukkan juga kata kunci tersebut. namun jangan terlalu banyak juga. khawatirnya kalau terlalu banyak, justru hasil yang didapatkan sebaliknya.
Salam ACTION!

Edy S on 18 Agustus, 2009 11:16 mengatakan...

Terima kasih Pak Joko Koreksinya

rasta on 19 Agustus, 2009 11:30 mengatakan...

makasih..tambah pengetahuan nih.. :)

Agus Siswoyo on 26 Agustus, 2009 13:50 mengatakan...

Salam kenal, Pak Edy!

Posting yang bermanfaat. Tapi sayang terlalu banyak anchor text menuju blog lain. Jadi agak gimanaaa gituuu...
He..he..he...

Joko Susilo on 02 September, 2009 14:56 mengatakan...

Menyambung komentar di blog jokosusilo.com
Pak Edy.. silakan masukkan alamat email baru anda pada kotak kiri atas berjudul 14 kesalahan fatal bisnis internet dan cara mendobraknya! di http://www.formulabisnis.com
dengan begitu setiap info newsletter baru akan otomatis terkirim pada alamat email baru anda.
Salam ACTION!

Ricky on 14 September, 2009 20:29 mengatakan...

Sip pak edy, kontes tinggal satu hari lagi..semangat ya pak, semoga bisa mendapat peringkat yang baik.

salam kenal :)

Ocim on 25 September, 2009 00:10 mengatakan...

assalamualaikum pak Edy ..

sukses dengan kontesnya, mudah2an bapak menang saya dukung selalu

Posting Komentar

 

Blog Stats


free counter
DigNow.net

Edy Suryanto .Com Copyright © 2009 Community is Designed by Bie