12 Okt 2009

Membuat hubungan yang langgeng antara penjual dan pembeli dengan layanan purna jual



Membuat hubungan yang baik, dengan pembeli adalah suatu keharusan. Bahkan dengan calon pembelipun, suatu hubungan baik seharusnya sudah terbina. Dimana seorang pembeli sudah masuk ruang jual, atau sudah melihat dan mempelajari produk yang ditawarkan, disaat itulah hubungan baik harus sudah dijalankan. Dan tidak terhenti sampai produk yang ditawarkan terjual. Hubungan yang langgeng harus terbentuk setelah produk terjual. Sistem ini biasa disebut Layanan Purna Jual, After Sales Service. Dengan sistem layanan ini, seorang pembeli, disamping akan mendapatkan kepuasan juga akan mempunyai ikatan yang kuat dengan sang penjual. Sang penjualpun akan diuntungkan dengan promosi gratis dari pembeli tersebut. Yaitu dengan kepuasan yang ia dapatkan, pasti akan ia ceritakan kepada saudara, kenalan atau orang-orang lainnya, tentang suatu produk yang ia beli tersebut.


Layanan purna jual di dunia off line sudah banyak dipraktekkan oleh para perusahaan. Terutama perusahaan besar, bahkan membentuk suatu bagian khusus customer service. Layanan purna jual merupakan bagian kelangsungan hidup perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Dengan rasa kepuasan yang didapat seorang pembeli tersebut akan menjadi pelanggan yang setia. Pada bisnis otomotif, misalnya, perusahaan penjualan mobil. Saat seorang calon pembeli masuk di showroom, saat itulah salah satu sales pasti akan mendatangi dan mendampinginya. Yang pertama diberikan adalah senyuman. Disini hubungan baik mulai dibentuk oleh sales tersebut. Dengan menanyakan identitas, yang terpenting nama dan nomer telphon. Kemudian akan menunjukkan mobil yang diinginkannya. Menjelaskan keungulan dan kelemahannya, juga point-point positip atau unggulan yang ada di perusahaan tersebut. Bonus yang diberikan, ketersediaan spare part, layanan servis, konsultasi gratis dan mungkin keahlian para mekaniknya.


Kalaupun saat itu tidak terjadi transaksi pembelian, salespun tetap tersenyum. Dengan bekal nomer telphon yang sudah didapat, sales dikemudian hari akan menghubungi calon pembeli tersebut. Tidak hanya semata-mata menanyakan kapan akan dilakukan transaksi pembelian. Tapi juga menanyakan bagaimana kondisi kesehatan, hobinya, usahanya atau pekerjaannya dan apa keraguannya dengan membeli mobil tersebut. Sebenarnya calon pembeli itu sudah ingin membeli mobil lain, karena keramah-tamahan, kesopanan dan kadang hanya dengan senyuman sang sales, ia kembali dan melakukan transaksi pembelian. Namun hubungan tidak terhenti sampai disini.


Kelanggengan hubungan mulai diciptakan. Dengan sistem layanan purna jual, hal itu dibentuk. Perlu diingat bahwa perusahaan mobil tidak hanya menjual mobil saja. Tapi juga spare part dan jasa layanan servis. Dengan layanan purna jual yang jelek, yaitu spare part yang tidak lengkap, servis yang tidak profesional dan mungkin janji-janji bonus yang tidak ditepati, hubungan yang sudah terjalin tersebut pasti akan putus. Bisa jadi mobil yang baru dibeli akan dijual dan ganti dengan mobil produksi perusahaan lainnya. Dan yang lebih parah ia akan cerita ke saudara, teman sekantor, atau orang lainnya. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi??.....Betapa besar peran layanan purna jual tersebut dalam kelangsungan hidup suatu perusahaan.


Dengan layanan purna jual, akan menguntungkan kedua belah pihak. Customer merasa dilayani dengan baik dan puas. Penjual dapat promosi gratis, pelanggan setia dan bisa juga meningkatkan omset penjualan.


Bagaimana dengan Internet Marketing...????


Sudahkan di dunia online menerapkan layanan purna jual..?? Seperti apakah layanan purna jual internet marketing saat ini...???


Dan apakah para customer internet marketing sudah merasa puas..?? Ikuti di posting berikutnya.

6 komentar:

Hitler Jr. on 13 Oktober, 2009 00:14 mengatakan...

Artikel yang sangat menarik :) Terima kasih telah berbagi sob.

Khery Sudeska on 21 Oktober, 2009 15:20 mengatakan...

Setuju banget, Mas. Layanan purna jual ini, saya kira, juga sebagai bentuk komitmen yang berlangsung secara kontinyu antara penjual dengan pembeli...

Nice idea! :)

acha410 on 26 Oktober, 2009 09:27 mengatakan...

Salam Kenal Dan Juga Salam sukses Buat Mas Edy...
Link mas edy aku pasang di acha410 ya... ditunggu balasannya!

Peluang Bisnis | Ricky on 27 Oktober, 2009 05:31 mengatakan...

Layanan purna jual..hmmm...strategi efektif juga ya mas, kita juga bisa gunakan dalam bisnis online lho..
salam kenal mas edy :)

rudi on 27 Oktober, 2009 16:54 mengatakan...

salam kenal...

acha410 on 27 Oktober, 2009 17:11 mengatakan...

Hai Mas Edi Selamat Sore! Moga kabarnya Sehat Dan sukses selalu...

Posting Komentar

 

Blog Stats


free counter

Edy Suryanto .Com Copyright © 2009 Community is Designed by Bie