20 Okt 2009

Mau berperan sebagai konsumen untuk melejitkan penjualan



Konsumen adalah segalanya, dialah yang akan menentukan nilai penjualan. Tanpa konsumen, tidak ada penjualan. Memang pantas disebutnya sebagai raja. Seorang raja, dimana segala kemauan dan kebutuhannya dilayani. Demikian halnya dengan konsumen. Konsumen adalah yang mempunyai uang. Dialah yang akan menentukan terjadinya transaksi jual beli. Sebagai seorang penjual harus menyadari, bahwa konsumen mempunyai pilihan-pilihan. Pilihan untuk menentukan sesuai dengan kemauan dan kebutuhannya.


Mengetahui kemauan dan kebutuhan konsumen mutlak harus dilakukan oleh seorang penjual. Sebagai penjual harus perperan sebagai konsumen. Sehingga penjual akan dapat menyesuaikan barang yang bagaimana yang akan dijualnya. Yang sesuai dengan konsumen. Di Jakarta, ada suatu perusahaan, bergerak dalam bidang penjualan furniture. Bahan berkualitas. Karena semua konsumen pasti menyukai barang berkualitas baik. Barang perabot yang jadipun berkelas tinggi, seperti barang impor. Dibuat dengan presisi yang tinggi. Namun harganya lokal. Yang unik di toko tersebut, hanya ada contoh perabot yang berkualitas. Contoh desain dan bahan berkualitas tinggi. Konsumen yang datang dapat mengetes kualitas barang. Konsumen dapat menentukan corak dan warna, sesuai dengan kemauannya. Konsumen dapat menentukan ukuran perabot sesuai dengan kebutuhannya. Konsumen benar-benar dilayani dan dihargai. Penjualannyapun melejit dahsyat. Konsumen merasa seperti di tempat sendiri, semua yang dimaui dan dibutuhkan terlayani dengan baik. Benar-benar seperti seorang raja.


Bagaimana di bisnis online..??? Saya rasa sama. Konsumen di internet marketing juga mempunyai kemauan dan kebutuhan. Misal suatu produk informasi. Bukan produk Scams, dapat terealisasi sesuai janji diiklan. Konsumen mau isi padat, gaya bahasanya enak dibaca, mudah dipahami, penjelasan tidak bertele-tele, dan harga terjangkau. Juga konsumen butuh bimbingan dalam prakteknya. Tinggal bagaimana penjual mengambil peran sebagai konsumen tersebut. Apakah bisa mengetahui semua kemauan dan kebutuhan konsumen. Atau hanya sebagian saja. Nilai penjualan akan ditentukan disini. Semakin banyak tahu apa yang dimau dan dibutuhkan konsumen, semakin banyak pula pelayanan yang dilakukan kepada konsumen. Dan tingkat kepuasan konsumenpun semakin tinggi. Pastinya nilai penjualan akan terangkat dan melejit.


Bagaimana produk selain produk informasi? Sama saja.. Yang penting adalah kemauan penjual untuk berperan sebagai konsumen. Sehingga tahu dan mau melayani dengan baik semua kemauan dan kebutuhan konsumen. Ingat konsumen adalah raja, dan penjual adalah abdi yang melayani sang raja. Dengan rasa puas, yang pasti konsumen tidak akan segan-segan kembali, untuk membeli produk yang lainnya.

5 komentar:

akhatam on 29 Oktober, 2009 14:24 mengatakan...

wah artikelnya bagus Kang... Salam kenal aja...

rudi on 30 Oktober, 2009 07:12 mengatakan...

kadang-kadang kita perlu merasakan diri sebagai pembeli...agar dapat merasakan bagaimana keinginan konsumen...

Edy S on 30 Oktober, 2009 14:46 mengatakan...

Memang seharusnya begitu sikap penjual yang baik.

Internet Marketing on 30 Oktober, 2009 17:18 mengatakan...

Pembeli adalah raja, pelayanan yang baik dan kepuasan pembeli adalah segalanya.


Bisa !

Umar Hadi

andry sianipar on 12 November, 2009 21:49 mengatakan...

salam super,,,
Pelanggan sekarang tidak mau tahu. Tampak semakin mudah bagi mereka untuk mengancam meninggalkan pemberi jasa saat kebutuhannya tidak dapat dipenuhi. Bukan sekali dua kali kejadian pelanggan yang menjerit “Kalau Anda tidak bisa berikan jasa yang saya inginkan, saya akan ke toko sebelah!”. “Kenapa anda tidak bisa, sedangkan maskapai penerbangan lain bisa?”.
nilah pentingnya para marketer mengetahui secara jelas karakteristik pelanggannya!!

Posting Komentar

 

Blog Stats


free counter

Edy Suryanto .Com Copyright © 2009 Community is Designed by Bie