3 Nov 2009

Bagaimana membuat produk supaya laris manis dipasaran



Suatu usaha atau bisnis memerlukan produk sebagai sarana jual beli. Bisnis jenis apapun baik online maupun offline, baik sekala besar atau kecil, mesti punya produk. Produk merupakan alat utama transaksi. Produk atau hasil produksi dibuat dari hasil pemikiran yang memakan waktu tidak sedikit. Tidak sedikit kalangan usaha yang gagal karena produknya tidak bisa dijual. Banyak penyebabnya tentang hal ini. Bisa karena hasil produksinya atau sistem pemasarannya. Pada post ini fokus pembahasan pada produknya.


Produk yang laris manis saat penjualan, harapan dan tujuan kalangan usaha. Membuat atau menciptakan produk, sebenarnya tidaklah sulit. Tapi apakah produk tersebut dapat dijual atau dapat diterima pasar, itulah yang harus mendapat perhatian khusus. Bukan hanya sistem pemasarannya saja yang mempengaruhi produk tersebut laku apa tidak. Produknyapun mempunyai andil yang besar, dalam menentukan bisa laku apa tidak dipasaran. Ada`4 hal yang mesti diperhatikan dalam menciptakan produk yang akan dijual.


1. Produk berkualitas


Produk dengan kualitas terbaik selalu menjadi pilihan konsumen. Sebelum melakukan pembelian, konsumen pasti akan membanding-bandingkan antara produk sejenis. Pilihan pasti jatuh pada produk yang berkualitas. Produk berkualitas baik akan memberikan nilai kepuasan yang tinggi pada konsumen. Bagaimana dengan produk informasi..?? Seperti apakah produk informasi yang berkualitas..?? Yang pasti enak dibaca, mudah dipahami dan dipraktekkan, memberikan bimbingan sampai tercapainya goal, memberikan manfaat pada konsumen dan mempunyai resiko kegagalan yang kecil.


2. Mempunyai brand name


Produk yang diciptakan dapat membentuk nama besar atau merk dagang yang kuat dipasaran. Dengan brand yang kuat di pasar, produk tersebut akan mudah dikenal oleh konsumen. Produk yang berkualitas baik biasanya akan diikuti oleh terbentuknya brand name yang kuat dipasaran. Terbentuknya brand name dipasaran akan menciptakan opini yang baik tentang produk tersebut, dan mempunyai daya saing yang kuat dipasaran.


3. Market share luas


Produk yang diciptakan masuk dalam daftar produk yang banyak dicari konsumen. Produknya banyak dibutuhkan konsumen. Dengan market share yang luas produk tersebut mempunyai peluang penjualan yang tinggi. Produknya harus menyesuaikan dengan kebutuhan terkini konsumen. Untuk produk informasi misalnya, saat ini informasi apa yang dibutuhkan dan dalam bentuk apa produk tersebut, ebook, audio, vidio, tutorial, atau penggabungan. Dan bagaimana satu tahun, tiga tahun atau 5 tahun kedepan. Harus dapat dibaca dan diaktualisasikan dalam produk, sehingga akan mempunyai cakupan pasar yang luas.


4. Harga kompetitif


Sudah sifat manusia, kalau melakukan pembelian barang pasti mencari harga yang murah, disamping kualitas produk yang baik. Sekarang ini menciptakan produk yang tidak ada pesaingnya, sepertinya sudah tidak bisa. Produk sejenis pasti ada dipasaran. Kalaupun bisa, dikemudian hari akan diikuti oleh orang lain menciptakan produk yang sejenis. Harga yang kompetitif akan membuat daya saing yang kuat, disamping kualitas dan brand produk tersebut.


Rasanya seperti mudah menciptakan suatu produk. Memang mudah kalau haya menciptakan suatu produk. Tapi laku apa tidak produk tersebut dipasaran itu yang tidak tahu. Bukan hanya sistem marketing atau promosi besar-besaran yang akan membuat produk tersebut laris manis. Produknyapun menentukan juga. Keempat hal tersebut sepertinya tidak dapat dipisahkan. Produk mempunyai kualitas baik, brand dipasar kuat, market share luas tapi harga tinggi, percuma karena tidak akan bisa bersaing dengan produk sejenis. Atau harga kompetitif tapi tidak punya market share, siapa yang mau beli produk tersebut..?? Bagai mana dengan produk anda para internet marketer..???

2 komentar:

Khery Sudeska on 05 November, 2009 15:14 mengatakan...

Saya nilai, perlu ada terobosan2 baru dalam penciptaan produk online saat ini. Banyaknya pemberian link download gratis terhadap beberapa produk tertentu harus menjadi faktor pertimbangan. Pekerjaan bisnis online ke depan menjadi lebih berat. Hal yang empat diatas pasti sangat perlu. Tapi, setelah itu, langkah2 penyelamatan/pengamanan produk tersebut dari pembajakan juga harus dipikirkan :)

Edy S on 11 November, 2009 00:25 mengatakan...

oke... setuju...memang tambahnya pengguna net secara otomatis semakin besar daya saing bisnis internet, siapa yang dapat mempertahankan produknya dan dapat mengikuti konsumen itulah yang akan terus....

Posting Komentar

 

Blog Stats


free counter

Edy Suryanto .Com Copyright © 2009 Community is Designed by Bie