6 Apr 2010

Tips Mimilih KPR Yang Tepat Untuk Rumah Idaman



Setiap orang dalam perjalanan hidupnya pasti mempunyai harapan untuk memiliki rumah idaman. Karena rumah sebagai tempat tinggal keluarga. Tempat perlindungan keluarga. Tentunya menjadi prioritas utama, dibanding kebutuhan lainnya. Mewujudkan impian tersebut dapat dengan membeli rumah baru atau rumah second.


Jika memang mau membeli rumah, hal yang perlu dilakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya. Informasi tentang lokasi, pengembang, status hukum lokasi. Akan lebih baik jika survey langsung ke lokasi. Untuk melihat langsung dan mencari tahu fasilitas umum yang disediakan oleh pengembang atau yang sudah ada di sekitar lokasi. Seperti sekolah, rumah sakit, tempat ibadah, perbankan dan lainnya.


Harga juga harus menjadi perhatian. Apakah yang ditawarkan sebanding dengan fasilitas yang ada. Tentunya harus disesuaikan dengan anggaran. Bagi yang sudah cukup tabungan bisa langsung beli cash. Namun bagi yang belum cukup, bisa memanfaatkan fasilitas pembiayaan/KPR. Tentunya harus jeli juga dalam memilih KPR. Jangan asal pilih yang pada akhirnya akan mengecewakan. Pilih KPR dari bank yang menawarkan keunggulan-keunggulan dengan memiliki beberapa alternatif produk.


Tips berikut dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan KPR yang tepat.


1. Ketahui reputasi dan kredibilitas Bank


Pilih bank yang memiliki reputasi dan kepercayaan publik yang baik. Sehingga dapat memberikan jaminan keamanan terhadap sertifikat rumah.


2. Pertimbangkan suku bunga yang ditawarkan


Jangan tergiur dengan penawaran suku bunga yang rendah. Namun hanya ditahun pertama saja. Akan lebih bijak memilih bank yang dapat memberikan suku bunga yang stabil dan rendah selama masa pinjaman. Karena akan mempengaruhi besar kecilnya pembayaran angsuran bulanan.


3. Mempunyai cara pembayaran yang fleksibel


Secara umum pembayaran angsuran KPR adalah angsuran pokok dan bunga. Terkadang hal ini mengganggu cash flow. Oleh karena itu sebaiknya memilih KPR yang dapat memberikan alternatif cara pembayaran, sehingga tidak mengganggu cash flow rumah tangga.


4. Ketepatan waktu pemrosesan kredit


Anda dapat memilih bank yang dapat memberikan kepastian batas waktu pemrosesan kredit. Sehingga Anda mempunyai kepastian keputusan kredit yang jelas.


5. Feature (produk) KPR


Sesuaikan kebutuhan Anda dengan feature KPR yang tersedia. Misal membeli rumah baru, berapa angsuran dan bagaimana alternatif cara pembayarannya. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.


6. Jaringan bank dan sistem pembayaran


Carilah bank yang mempunyai jaringan yang luas. Sehingga dapat memberikan kemudahan dalam mengajukan permohonan KPR di cabang mana saja. Mempunyai sistem pembayaran autodebet untuk menghindari biaya denda keterlambatan dalam pembayaran angsuran.


Mudah-mudahan tips diatas dapat membantu Anda, yang saat ini sedang mewujudkan rumah idaman.

1 komentar:

Rumah Mungil yang Sehat on 16 November, 2010 13:28 mengatakan...

artikel yang bagus Pak.. :D

Posting Komentar

 

Blog Stats


free counter

Edy Suryanto .Com Copyright © 2009 Community is Designed by Bie