14 Apr 2010

Pergeseran sistem penjualan produk informasi

Kata pergeseran disini jangan diartikan bahwa sistem lama hilang sama sekali. Bukan seperti itu. Namun suatu peralihan sistem yang mana lebih untuk mempererat ikatan antara member dengan pengelola.

Sistem penjualan ebook produk informasi, sepertinya sudah sampai titik kejenuhan. Banyak sekali produk-produk informasi dalam bentuk ebook dipasarkan di internet. Dengan nama berbeda beda. Sebenarnya isinya hampir-hampir mirip. Semuanya mengklaim telah suskses dan dari pengalaman pribadi. Bisa semuanya benar atau semuanya salah. Semuanya menunjukkan keberhasilannya masing-masing. Realitasnya tanda tanya..... Namun disini tidak mempermasalahkan itu. Hal itu tergantung bagaimana anda menyikapinya. Anda mau beli apa tidak. Hak anda sepenuhnya. Anda tertarik, dan cocok silahkan beli. Tidak ada paksaan. Yang ada cuma strategi pemasaran dengan sedikit rayuan.

Memang jualan ebook adalah jualan poduk informasi yang paling simpel. Pengalaman sekali, sudah bisa ditulis dan dijual dalam bentuk ebook. Itulah internet, orang tidak tahu itu. Entah pengalaman itu sudah teruji atau belum yang penting bagaimana bisa laku.

Sistem penjualan ebook tidak bisa memberikan keterikatan yang kuat antara penjual dengan pembeli ebook. Sekali membeli, sampai disitu sudah transaksinya. Pembeli tersebut tidak akan terikat dan tergantung. Semua materi sudah ditulis lengkap dalam ebook tersebut. Artinya pembeli tersebut tidak akan memberikan pemasukan uang lagi. Kecuali ada produk ebook baru.

Titik kejenuhan penjualan ebook ini, sudah diantipasi oleh para pengelola. Mereka mengamati terus dari waktu-kewaktu bagaimana hasil penjualan ebook tersebut. Saat ini sudah hampir semuanya penjualan produk ebook informasi bergeser ke sistem penjualan lainnya. Diluar negeripun demikian. Apakah di Indonesia mengikuti?. Kalaupun demikian tidak masalah. Sah-sah saja...yang penting tidak menjiplak produknya. Di Indonesia seperti Willy dengan List building dan produk lainnya, Joko Susilo dengan Mr Action Club.

Pergeseran tersebut menjadi sistem tutorial. Semacam kursus. Lebih tepatnya kursus online. Dengan sistem kursus ini materi diberikan bertahap dengan jangka waktu tertentu. Bisa tiga bulan, enam bulan atau setahun. Seperti sekolah, mempunyai kurikulum. Disini banyak disebut paket modul. Para peminat, untuk menjadi member akan terikat erat. Karena tidak mungkin member akan meninggalkan sebelum paket modul yang diberikan habis. Sementara modulnya diberikan bertahap. Ketergantungan menunggu paket berikutnya sebagai pengikatnya. Harga menjadi memberpun bisa dibayar sebulan, tiga bulan, enam bulan, atau paket yang menggiurkan dengan potongan harga bila dibayar setahun.

Penulis rasa sistem inilah yang akan mendatangkan pundi-pundi pengelola lebih besar dibanding penjualan ebook. Coba kita analisa bersama. Dengan topik yang sama Cara Bisnis di Internet, namun dengan sistem yang berbeda. Harga penjualan ebook satu member paling antara 200.000 ~ 300.000 rupiah. Dengan sistem kursus, satu member untuk menjadi member setahun harus membayar diatas satu juta rupiah. Untuk topik tersebut bisakah selesai dalam setahun atau bahkan lebih? Kalaupun hanya enam bulan sudah jauh lebih untung dari penjualan ebook.

Namun calon memberlah yang mempunyai hak untuk memutuskan. Sekali lagi penulis sampaikan bahwa di internet tidak ada paksaan. Anda suka ebook, dengan membeli ebook sudah gamblang dan bisa menyerap semua ilmu yang ditulis. Ataukah kepingin lebih sejelas-jelasnya dengan kursus online. Yang penting dan harus digaris bawahi adalah tujuan Anda investasi tersebut untuk apa. Itu yang harus Anda kejar. Bila dengan cara sederhana tujuan Anda sudah bisa tercapai, untuk apa cari cara yang lebih rumit.

Perlu diingat bahwa semua sistem, baik ebook mapun kursus tersebut adalah bisnis. Bisnis adalah mencari untung. Dan bukan mencari buntung. Sistem (produk) akan berkembang terus bila yang lama dirasa sudah tidak sesuai harapan. Dan itu wajar dalam dunia bisnis.

1 komentar:

kingkong on 03 Januari, 2014 16:42 mengatakan...

thanks ya infonya !!!

www.bisnistiket.co.id

Posting Komentar

 

Blog Stats


free counter

Edy Suryanto .Com Copyright © 2009 Community is Designed by Bie