14 Sep 2009

5 Hal pokok yang membuat orang-orang mencapai Kesuksesan



Tujuan hidup semua orang adalah kesuksesan. Suskses adalah universal. Sukses dalam karier, dalam berumah tangga, dalam menempuh pendidikan, dalam beribadah dan lainnya. Kesuksesan dalam mencapai tujuan atau mendapatkan goal yang diinginkannya. Tidak semudah membalikkan telapak tangan dalam mencapai kesuksesan. Halangan, rintangn dan kegagalan pasti ada. Tinggal bagaimana meminimalkan hal tersebut.


Dalam posting kali ini akan fokus pada kesuksesan seorang mencapai tujuan dalam berusaha, kata kerennya adalah berbisnis. Rasa percaya diri yang kuat dan keyakinan yang mantap dituntut disini. Tanpa rasa percaya diri, maka tidak akan berani action, dan selalu dibayangi akan kegagalan. Kegagalan bukanlah hantu yang menakutkan. Hantu kegagalan harus dilawan dengan rasa percaya, tekat dan keyakinan yang kuat untuk sukses. Kalaupun gagal, itu hanya menunda sesaat kesuksesan yang ada didepan mata.


“Jika anda sedang benar, jangan terlalu berani dan bila anda sedang takut jangan terlalu takut. Karena keseimbangan sikap adalah penentu Ketepatan perjalanan Kesuksesan anda.”


Mari kita bahas 5 hal pokok yang membuat orang sukses:


1. Sesuai dengan hati nurani.


Dalam melakukan usaha jangan dipaksakan. Hanya mengikuti arus atau trend yang sedang ramai diusahakan orang lain. Dan lagi booming. Padahal kita sendiri tidak mantap. Tidak sesuai dengan srek hati kita. Dan tidak tahu apa-apa tentang seluk beluk usaha tersebut. Hanya gengsi...!!!. Kerjakan suatu usaha dengan dasar mantap di hati.


2. Banyak belajar.


Dengan banyak membaca akan lebih banyak tahu. Baca atau pelajari kisah orang-orang sukses. Dasar-dasar dan seluk-beluk usaha yang ditekuni. Kegagalan yang pernah dialami jadikanlah sebagai pengalaman dan guru untuk belajar. Sehingga hal itu tidak akan terulang kembali.


3. Punya strategi.


Strategi adalah cara-cara tertentu untuk mencapai keberhasilan. Strategi sangat penting. Strategi penjualan, strategi produksi, lounching, customer service dan lainnya. Strategi-strategi ini harus dikelola dengan baik. Dan yang penting pesaing, jangan sampai mengetahui apa strategi yang digunakan. Juga strategi tersebut jangan sampai mudah terbaca.


4. Selalu ada perubahan.


Perubahan adalah sangat-sangat diperlukan. Perubahan menyangkut, perkembangan produk, strategi, karyawan. Dengan perubahan kita mau berkembang sesuai dengan jamannya. Perubahan juga untuk menghindari kejenuhan. Sebagai produksen harus berperilaku sebagai konsumen, artinya harus selalu mengikuti kemauan konsumen. Karena dari situlah hasil dicapai.


5. Pikiran harus peka.


Kepekaan pemikiran dituntut disini. Kepekaan terhadap lingkungan. Terhadap trik bisnis pesaing. Dan kepekaan dalam mengambil peluang yang ada. Harus bertindak cepat. Bila terlambat, peluang yang ada akan diambil oleh pesaing. Pesaing akan lebih menguasai pasar.


Kelima hal tersebut biasa dilakukan para pebisnis offline untuk mencapai suskses. Memang bukan harga mati. Tapi setidaknya lima hal tersebut banyak disarankan oleh orang-orang yang telah sukses di dunia offline. Bagaimana dengan bisnis online..??? Saya rasa 5 hal tersebut masih relevan untuk diterapkan dengan menyesuaikan kondisi pada bisnis online.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Stats


free counter
DigNow.net

Edy Suryanto .Com Copyright © 2009 Community is Designed by Bie