24 Agu 2009

Sukses Stop Dreaming Start Action ala Thukul



Siapa yang tidak tahu Thukul, yang dikenal dengan Thukul Arwana. Komedian yang sukses dengan acaranya bukan empat mata, disalah satu TV swasta kita. Dengan gaya khasnya wong deso acara tersebut banyak digemari. Dan membuat tren dengan “kembali ke labtop”. Stop dreaming start action telah dijalani. Pundi-pundi Thukul terus terkumpul. Dengan bertahannya rating tinggi acara tersebut. Ia sebutnya dengan wajah deso rejeki kota. Thukul bukan orang baru dipanggung komedi. Bukan orang yang muncul langsung sukses. Perjalanan hidupnya panjang. Mimpi-mimpinya segunung. Ia tidak hanya bermimpi tapi terus ia kejar mimpi itu. Stop Dreaming start action dijalaninya dengan merintis karirnya dari bawah. Dari panggung jalanan satu ke panggung jalanan berikutnya. Ia tak pernah putus asa. Ia tetap semangat untuk mengejar gunung tersebut. Sekarang ia suskses, apa actionnya selama ini membuahkan hasil. Suatu perjalannan stop dreaming strat action sejati.


Thukul memang wong deso dan berwajah deso. Casingnya boleh kurang bagus, tapi dalamnya bagus donk. Salah satu guyonannya. Memang demikian, usaha dari actionnya telah memberikan hasil milyaran rupiah. Apa yang dilakukan dari stop dreaming start action membuahkan hasil manis. Yang semula datang ke Jakarta kontrak rumah, sekarang malah membuat kontrakkan rumah. Dulu menjadi sopir, sekarang kemana-mana sudah disopiri. Dan lawakannya sudah dikelola oleh manajemen, sehingga sudah tidak menyisir panggung jalanan lagi. Dari usahanya yang bisa dibilang cukup sukses ini, dari stop dreaming start action yang dilakukan, ada kunci sukses yang bisa ditauladani :


1. Menghargai orang lain.


Seseorang yang sukses cenderung berperilaku sombong, kurang menghargai orang lain, dan maunya dihormati. Tidaklah demikian dengan Thukul. Ia memiliki prinsip positive thinking, tidak pernah merendahkan orang lain atau pun mengecilkan orang lain. Sebaliknya ia lebih suka membesarkan hati orang lain dan menghormati orang lain. Menurut Thukul, kesombongan akan menjadi bumerang bagi diri sendiri dan akan merugikan diri sendiri.


2. Bekerja keras.


Bekerja keras dalam menjalankan setiap pekerjaannya. Ia juga sangat menjunjung tinggi kejujuran. Thukul adalah salah seorang perantau yang rajin dan sangat disiplin dan menghargai waktu. Ia selalu berusaha tepat waktu dalam menjalankan setiap pekerjaannya. Tujuannya tidak lain agar mitra kerja selalu puas dan mau menggunakan jasanya lagi.


3. Belajar Terus.


Thukul merasa dirinya bukanlah berasal dari kalangan serba cukup dan bukan dari keluarga yang mempunyai banyak fasilitas maka ia merasa harus terus belajar. Semangat belajar Thukul sangat tinggi. Tatkala sebagai sopir pribadi, majikannya sempat heran dengan kemauan belajar Thukul yang sangat tinggi. Setiap gajian, Thukul selalu menyisakan uang untuk beli buku. Lebih mengherankan lagi, buku-buku yang dibacanya adalah tentang psikologi, politik dan sejenisnya. Thukul mengakui bahwa dirinya memang tidak pintar. Ia biasa-biasa saja, tetapi ia senang membaca bacaan apa saja. Ia juga senang mengobrol bertukar pikiran. Dari kegiatan membaca atau mengobrol inilah ia bisa mendapatkan ilmu dan kemudian dijadikannya bekal untuk masa depan. Di tengah kesibukannya yang cukup padat, ia selalu berusaha menyempatkan diri untuk membaca. Ia sadar bahwa bacaan akan membuatnya tidak terbelakang. Ilmu yang semakin bertambah diyakini akan semakin menambah kemampuan dirinya sehingga ia mampu menjadi seorang penghibur sejati.


4. Hidup melalui Proses


Thukul yakin bahwa hidup itu merupakan sebuah proses. Tidak ada ceritanya hidup langsung sukses, langsung kaya, atau langsung ngetop tanpa melalui sebuah proses. Thukul sangat memegang prinsip bahwa yang terpenting dalam hidup adalah proses. Dan ia telah membuktikannya dengan menjalani sebuah proses yang cukup panjang, berliku dan tidak sedikit ia harus menghadapi tantangan yang begitu berat. Berjuang dengan butiran kristal keringat tentu berbeda dengan mereka yang meraih kesuksesan dengan cara instan. Thukul sudah sangat kenyang diremehkan, dicaci dan dicibir. Namun, semuanya ia lalui, ia jalani tanpa menyimpan dendam. Ia jalan dari kampung ke kampung, dari panggung ke panggung yang lain dengan penuh keyakinan suatu saat bisa meraih kesuksesan. Ternyata, sukses itu akhirnya datang juga. Stop Dreaming Start Action telah dilaluinya. Seperti dikatakan Joko Susilo, Kesuksesan adalah buah dari komitmen dan proses terus menerus untuk mencapai sebuah tujuan.


5. Tidak memilih-milih pekerjaan


Tawaran pentas tidak pernah dipilih-pilih. Di mana pun dan kapan pun tawaran itu ada maka akan dijalaninya dengan penuh rasa tanggung jawab dan sikap profesional. Barangkali dari sikap inilah banyak tawaran justru mengalir dan membawa rezeki.


6. Iklas dan serius


Thukul tidak pernah merasa gengsi atau rendah diri mengerjakan pekerjaan apa pun. Mulai menjadi sopir omprengan, sopir pribadi, kerja di tukang pembuatan pompa, menjadi model figuran, menjadi pembawa acara dan lain-lain. Semuanya dikerjakan dengan tingkat keseriusan tinggi dan penuh rasa keiklasan. Dengan tujuan mencari uang untuk makan.


7. Sukses adalah “Kristalisasi Keringat”


Itulah kalimat yang selalu diucapkan bila ditanya kesuksesannya. Dan itu telah ia buktikan. Anda sering melihat penampilan Thukul di TV..? kalau begitu anda pasti sering mendengar kalimat ini. Kalimat ini membuktikan bahwa Thukul memang benar-benar seorang pekerja keras.


8. Percaya diri


Tidak perlu di ragukan lagi tingkat kepercayaan diri dari sosok Thukul ini. Percaya diri disertai ambisi dan target membuat Thukul bisa mendapat tempat tersendiri di kalangan selebritas indonesia.


9. Menerima kekurangan dan memaksimalkan kelebihan


Ini yang saya suka dari Thukul..ia tidak melihat kekurangannya sebagai batu sandungan, namun dia melihatnya sebagai pendongkrak untuk memaksimalkan kelebihan.


10. Kegagalan adalah sukses yang tertunda


Thukul sudah mengalami beberapa kali kegagalan dalam hidupnya. Namun hal itu tidak membuatnya menyerah ataupun putus asa. Semangat dan kreatifitasnya memang boleh diacungi dua jempol.


Itulah sepuluh langkah sukses dalam stop Dreaming Strat Action ala seorang Thukul. Yang kemudian mengantarkannya dalam jajaran selebritis kaya Indonesia. Walaupun demikian ia tetap merendah. Rasa rendah diri inilah yang banyak orang suka, yang membuatnya banyak job manggung. Sukses seorang Thukul, mungkin bisa menginpirasi kita semua. Dengan Stop Dreaming Start Action memang terbukti bisa membawa kearah kesuksesan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Stats


free counter
DigNow.net

Edy Suryanto .Com Copyright © 2009 Community is Designed by Bie